iklan banner
MASIGNCLEAN103

Lingkungan Sekolah Yang Sehat

iklan banner
Met sore... Akang-teteh sobat blogger yang sedang santai-santai ya kayanya.. Dah 2 hari nih saya gak posting, ya maklumlah minggu ini saya sedang ulangan semester nih. Dari pada kesel ngapalin, mendingan saya posting deh...

Ok kali ini saya akan membahas tetang Lingkungan Sekolah Yang Sehat. Bagaimana sih lingkungan yang sehat dan bersih di sekolah??? Mari kita bahas..

Pada lembaga pendidikan seperti sekolah, tentunya memerlukan lingkungan yang sehat dan bersih. Tujuannya adalah untuk memperindah sekolah tersebut, selain itu agar kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman dan efektif.

Dalam lingkungan sekolah mencakup di antaranya elemen-elemen dari luar misalnya masyarakat yang dapat mempengaruhi sekolah itu sendiri. Elemen-elemen itu pun di bagi dalam beberapa kelompok, diantaranya demografi, hukum, polotik, ekonomi, sosbud(sosial Budaya) dan teknologi.

Pada umumnya di sekolah-sekolah biasa, mereka tidak memperhatikan lingkungannya. Tetapi pada sekolah-sekolah yang berbudaya lingkungan mereka sangatlah memperhatikan lingkungannya. Tak hanya itu, bahkan di sekolah berbudaya lingkungan mereka memberlakukan tata tertib sesuai dengan keadaan lingkungan.

Biasanya ulah para siswa lah yang menjadi utama. Masalah mengenai pembuangan sampah sembaranganlah yang sering di lakukan. Itulah yang menyebabkan lingkungan sekolah menjadi tak nyaman. Oleh karena itu, mulai dari sekarang mari kita jaga lingkungan sekolah kita supaya kita yng menempatinya pun menjadi nyaman.

Semakin baik sekolah dapat mempengaruhi lingkungan ke arah mutu yang di tentukan, kan semakin besar pula kemampuan sekolah untuk mempertahankan mutu dan mempertahankan diri dari pengaruh faktor lingkungan, terutama yang bersifat negatif.

Banyak sekolah-sekolah di indonesia ini yang tak memperhatikan lingkungan mereka. Seharusnya pihak sekolah harus memberlakukan yang namanya sekolah bebudaya lingkungan. Sekolah berbudaya lingkungan biasanya sekolah tersebut membiasakan siswanya untuk senantiasa menjaga lingkungannya.

Hal lain yang mempengaruhi lingkungan sekolah adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal sendiri adalah dari mulai kepala sekolah sebagai manager pendidikan seklah harus mampu memberdayakan seluruh potensi sekolah berikut juga seluruh warga sekolah tersebut. Sedangkan Faktor eksternalnya sendiri adalah datang dari luar sekolah itu sediri.

menurut saya sekolah yang baik adalah sekolah yang sehat, dan sekolah yang sehat adalah sekolah yang bersih. maka dari itu untuk mewujudkan sekolah yang baik dan sehat, maka semua warga sekolah harus membiasakan untuk menjaga lingkungan sekolahnya dengan baik..

Semoga Bermanfaat...
Share This :
Febz